Scroll to top

Trending : ######

0

Keranjang Belanja

Perjanjian Pengguna

Rabu, 18 Mar 2020, 09:38:01 WIB / By Aios Indonesia

Perjanjian Pengguna Aios Indonesia

Pendahuluan

Aios Indonesia (selanjutnya disebut “Aios”) adalah suatu Badan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Perorangan. Yang salah satu jenis usahanya bergerak di bidang jasa web developer.  Aios dalam hal ini menyediakan Platform perdagangan elektronik (e-commerce) di mana Pengguna dapat melakukan transaksi jual-beli barang dan menggunakan berbagai fitur serta layanan yang tersedia.

Setiap pihak yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mengakses Platform Aios untuk kemudian membuka toko online, menjual barang, membeli barang, menggunakan fitur/layanan, atau hanya sekadar mengakses/mengunjungi Platform Aios. Sebagai penunjang bisnis dan penyedia Platform perdagangan elektronik, Aios menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para Pengguna.

Perjanjian Pengguna Aios ini mengatur penggunaan seluruh layanan yang terdapat pada Platform Aios yang berlaku terhadap seluruh Pengguna dan terhadap setiap Pihak yang menyampaikan permintaan atau informasi kepada Aios. Dengan mendaftar akun Aios dan/atau menggunakan Platform Aios, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi dalam Perjanjian Pengguna.

PERJANJIAN PENGGUNA INI MERUPAKAN BENTUK KESEPAKATAN YANG MERUPAKAN PERJANJIAN MENGIKAT ANTARA PENGGUNA DENGAN AIOS. PENGGUNA SECARA SADAR DAN SUKARELA MENYETUJUI KETENTUAN INI UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN DI PLATFORM AIOS.  

Definisi

Dalam Aturan Penggunaan ini, sepanjang tidak ditentukan lain, istilah-istilah di bawah ini mempunyai arti sebagai berikut:
  1. Akun adalah data tentang Pengguna, minimum terdiri dari username, password, nomor telepon, dan email yang wajib diisi oleh Pengguna Terdaftar.
  2. Perjanjian Penggunaan adalah perjanjian antara Pengguna dan Aios yang berisi seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan Aios, serta tata cara penggunaan sistem layanan Aios.
  3. Barang adalah suatu objek yang memiliki wujud dan nilai jual beli yang memenuhi kriteria pengiriman pihak penyelenggara jasa ekspedisi pengiriman Barang.
  4. Aios Solusi merupakan layanan yang disediakan oleh Aios untuk memfasilitasi penyelesaian masalah termasuk namun tidak terbatas pada masalah transaksi Pembeli dan Penjual, Hak Kekayaan Intelektual, pelaporan pelanggaran produk, informasi yang bertentangan dengan perundang-undangan yang berlaku dan lain-lain.
  5. Saldo Aios adalah suatu bentuk dompet virtual yang dimiliki setiap Pengguna Terdaftar yang berfungsi untuk menyimpan dana hasil penjualan (remit) dan dana hasil pengembalian transaksi (refund).
  6. Aios Payment System adalah sistem pembayaran yang difasilitasi oleh Aios untuk para Pengguna melakukan transaksi jual-beli di Platform Aios.
  7. Barang Terlarang adalah adalah barang yang dilarang diperdagangkan oleh Penjual (Pelapak) di Platform Aios berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan kebijakan internal Aios.
  8. Data / Informasi Pribadi adalah data terkait dengan Pengguna yang dapat teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasikan dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui sistem Elektronik dan/atau non elektronik.
  9. Layanan adalah secara kolektif: (i) Platform Aios; (ii) Konten, fitur, layanan, dan fungsi apa pun yang tersedia di atau melalui Platform oleh atau atas nama Aios, termasuk Layanan Partner; dan pemberitahuan email, tombol, widget, dan iklan termasuk kerjasama Aios dengan pihak ketiga untuk pengembangan aplikasi dan pengembangan kegiatan usaha Aios.
  10. Toko adalah tempat dimana Penjual (Pelapak) dapat menawarkan dan/atau menjual barang dagangannya yang terdapat pada Platform Aios baik secara online atau offline.
  11. Pengguna adalah pihak (terdaftar/tidak terdaftar) yang mengakses Platform Aios, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli dan Penjual (Pelapak), mitra, user offline, klien yang mana wajib mematuhi Aturan Penggunaan Aios beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Aios.
  12. Pelapak (Penjual) adalah Pengguna terdaftar yang melakukan penjualan dan/atau penawaran Barang kepada para Pengguna melalui lapak di Platform Aios serta wajib mematuhi Aturan Penggunaan Aios beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Aios.
  13. Pembeli adalah Pengguna terdaftar atau tidak terdaftar yang melakukan pembelian Barang yang dijual oleh Penjual (Pelapak) di Platform Aios serta wajib mematuhi Aturan Penggunaan Aios beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Aios.
  14. Platform Aios adalah situs resmi www.aios.com dan seluruh microsite resmi beserta aplikasi resmi Aios (berbasis Android dan iOS) yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler Pengguna termasuk Afiliasi, pihak ketiga yang bekerjasama dengan Aios.
  15. Platform Distribusi Aplikasi yaitu layanan resmi yang dikembangkan dan dikelola oleh:
  • Apple Inc (dengan merek dagang “App Store”, untuk pengguna yang menggunakan perangkat iOS); dan/atau
  • Google LLC (dengan merek dagang “Google Play” untuk pengguna yang menggunakan perangkat Android); dan/atau
  • Platform Distribusi Aplikasi resmi lainnya yang dapat digunakan oleh Pengguna layanan untuk menjelajah dan mengunduh aplikasi yang tersedia di platform tersebut.
  1. Otentikasi adalah fitur keamanan untuk akun pada saat login. Pengguna akan menerima kode otentikasi yang harus dimasukkan ketika login menggunakan device yang belum tervalidasi. Tujuan dari Otentikasi ini adalah untuk menjaga keamanan akun dari pembajakan dan penyalahgunaan akun oleh pihak lain.
  2. Saldo adalah jumlah dana pada akun Pengguna setelah semua transaksi dan operasi perdagangan dihitung, termasuk untuk operasi non perdagangan, yakni Penambahan Dana dan Penarikan dana. Saldo terdiri dari Saldo Aios dan atau Sumber Dana Lainnya yang bersifat mengikat pada platform Aios.

 

Layanan

Platform

  1. Aios mengelola dan menyediakan Platform bagi Pengguna untuk melakukan penjualan, promosi, mengunggah konten, serta melakukan pembelian barang yang sesuai dengan Aturan Penggunaan Aios dengan alamat Situs www.aios.com dan seluruh microsite beserta aplikasi Aios (berbasis Android dan iOS) yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler Pengguna.
  2. Sebagai pihak penyedia Platform, Aios tidak berperan sebagai penjual barang, melainkan sebagai media perantara bagi Penjual dan Pembeli untuk melakukan transaksi melalui Platform Aios. Mohon untuk melihat point tentang pembebasan tanggung jawab.
  3. Aios dapat atau tidak dapat melakukan penyaringan awal terhadap Pengguna atau Konten atau informasi yang diunggah oleh Pengguna di Platform Aios, sehingga Aios berhak untuk menghapus setiap Konten atau informasi yang diunggah oleh Pengguna di Platform Aios apabila dianggap perlu dari waktu ke waktu. Keputusan Aios merupakan keputusan mutlak yang tidak dapat diubah/digugat oleh Pengguna.

Sistem Pembayaran

  1. Aios bekerja sama dengan Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (Bank dan Non-Bank) resmi yang diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk menyediakan sistem pembayaran guna memudahkan dan mengamankan setiap transaksi yang berlangsung di Platform Aios bagi para Pengguna baik Pembeli maupun Pelapak (Penjual). Metode Pembayaran yang disediakan melalui Platform Aios, antara lain:
  • Transfer Bank
  • Virtual Account
  • Cicilan Non-Kartu Kredit
  • In-store Payment (Gerai Offline Payment)
  • Internet Banking
  • Payment Gateway
  • Direct Debit
  • Uang Elektronik
 

Chat/Kirim Pesan

  1. Aios menyediakan fitur “Chat” / “Kirim Pesan” bagi Pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain antar Pengguna baik Pelapak (Penjual) maupun Pembeli, untuk menanyakan produk yang ingin dibeli sesuai dengan Aturan Penggunaan. Melalui fitur “Chat” / “Kirim Pesan”, Pembeli dapat menanyakan barang yang hendak dibeli kepada Pelapak (Penjual), yakni terkait dengan harga barang, ketersediaan stok barang, ataupun hal lainnya yang dapat mempengaruhi kondisi barang yang dibeli oleh Pembeli. Terdapat beberapa fungsi Layanan “Chat” / “Kirim Pesan”, antara lain: * Daftar “Chat” / “Kirim Pesan”     - Watsapp Chat     - Facebook Chat     - Aios Chat     - Maupun sarana Chat yang disediakan platform Aios
  2. Pengguna disarankan untuk tidak menggunakan fitur “Chat” / “Kirim Pesan” selain untuk kepentingan bertransaksi di Aios.
  3. Penggunaan fitur Chat tidak diperkenankan untuk share link diluar kepentingan Aios. Juga dilarang menggunakan kata kata yang melanggar norma susila, sosial, SARA ataupun melanggar Undang - Undang ITE. Demi terciptanya ekosistem perdagangan yang baik.

Ekspedisi Pengiriman Barang

Aios bekerja sama dengan Partner Ekspedisi Pengiriman Barang Resmi untuk menyediakan pilihan metode pengiriman barang, guna memudahkan setiap transaksi yang berlangsung di Platform Aios, bagi para Pengguna baik Pembeli maupun Pelapak (Penjual), kecuali untuk Layanan Ambil Sendiri. Adapun Partner Ekspedisi Pengiriman Barang Resmi yang telah bekerja sama dengan Aios, antara lain:
  • Ninja Xpress
  • TIKI
  • J&T
  • Go-Send
  • Pos Indonesia
  • SiCepat
  • Grab
  • JNE
  • Wahana
  • Alfatrex
  • Lion Parcel
  • AnterAja
  • Indah Logistik Cargo
Aios juga memfasilitasi Kurir Lokal Dalam Kota ataupun Antar Kota Terdekat, yang diawasi secara ketat, demi keamanan, keutuhan produk terkirim.

Aios Solusi

  1. Aios Solusi merupakan layanan yang disediakan oleh Aios untuk memfasilitasi penyelesaian masalah termasuk namun tidak terbatas pada masalah transaksi antara Pembeli dan Pelapak (Penjual), pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, pelaporan pelanggaran produk, dan lain-lain.
  2. Melalui layanan Aios Solusi, Pengguna dapat menanyakan dan mengajukan keluhan mengenai segala hal terkait dengan transaksi di Aios yang berhubungan dengan Fitur/Produk, cara pembayaran, jasa pengiriman, cara retur barang dan lain-lain.
  3. Melalui layanan Aios Solusi, Pengguna dapat langsung menghubungi Customer Service Aios untuk mendapatkan kebutuhan informasi dan menyelesaikan permasalahan yang dialami, baik terkait permasalahan transaksi maupun yang selain permasalahan transaksi.
  4. Pengguna dapat menggunakan layanan Aios Solusi sebagai sarana aduan atas pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, duplikasi produk oleh pengguna lain, duplikasi foto/deskripsi.
  5. Aios Solusi merupakan fitur layanan pelanggan yang terdiri dari daftar referensi seputar pertanyaan yang paling banyak ditanyakan serta informasi omni channel yang dapat dipilih seperti nomor call center, layanan email, hingga live chat sehingga pelanggan dapat leluasa mengajukan pertanyaan atau keluhan seputar produk, cara pembayaran, jasa pengiriman, cara retur barang dan sebagainya.

Otentikasi Data dan Kode Otentikasi 

  1. Aios menyediakan fitur/layanan keamanan tambahan yaitu Otentikasi Data dan Kode Otentikasi di mana Pengguna akan dikirimkan kode otentikasi yang bersifat rahasia sebagaimana dijelaskan dalam Penggunaan Akun, Keamanan, dan Password poin 5. Untuk menghindari penyalahgunaan akun, Pengguna DILARANG menginformasikan kode otentikasi kepada pihak lain termasuk namun tidak terbatas oleh pihak Aios.
 

Saldo

Saldo Aios

  1. Saldo Aios merupakan sarana penampung dana yang disediakan oleh Aios kepada setiap pengguna terdaftar. Saldo Aios dapat menyimpan dana hasil penjualan (remit), dana hasil pengembalian transaksi (refund), dan dana pembayaran transaksi.
  2. Pengguna dapat mengelola saldo Saldo Aios masing-masing dengan melakukan penambahan saldo (top up) atau pencairan (withdrawal) ke rekening bank yang didaftarkan. Melalui Saldo Aios, Pengguna dapat pula melakukan pembayaran untuk layanan-layanan yang ada di Aios seperti membeli Paket Reseller, Pulsa dan Data Celluler, serta Donasi meliputi Zakat, Infaq dan Sodaqoh. Serta Sumbangan Sukarela kepada Aios.
  3. Terdapat 3 tab status pada fitur Saldo Aios, yaitu Mutasi, Pending dan Credits. Tab Mutasi menyimpan informasi penambahan dan pengurangan saldo BukaDompet yang berhasil dilakukan. Tab Pending menyimpan informasi penambahan dan pencairan yang belum berhasil atau tertunda. Sedangkan tab Credits menyimpan saldo yang dibeli,reward atau hadiah yang didapatkan dari Aios.
 

Pengiriman Kurir Aios

Kurir Nasional

  1. Kurir Nasional adalah layanan pengiriman barang yang disediakan oleh Aios bagi Pengguna, di mana Aios bekerja sama dengan pihak jasa ekspedisi sebagai pihak penyedia jasa pengiriman barang.
  2. Dalam hal ini Aios hanya berperan sebagai media perantara antara Pengguna layanan Kurir Nasional dengan pihak jasa ekspedisi pengiriman barang.
  3. Pengguna tidak wajib berperan sebagai Penjual atau memiliki lapak di Platform Aios untuk menggunakan layanan Kurir Nasional, sehingga layanan Kurir dapat digunakan oleh siapa pun yang hendak melakukan pengiriman barang yang telah memiliki akun Aios.
  4. Pengguna yang menggunakan layanan Tracking Barang agar dapat melakukan pemantauan terhadap barang yang dikirim melalui sistem Aios.

Kurir Lokal

  1. Kurir Lokal adalah layanan pengiriman barang Dalam Kota dan Antar Kota Terdekat yang disediakan oleh Aios bagi Pengguna, di mana Aios bekerja sama dengan pihak jasa Kurir Lokal sebagai pihak penyedia jasa pengiriman barang.
  2. Dalam hal ini Aios hanya berperan sebagai media perantara antara Pengguna layanan Kurir Lokal dengan pihak jasa Kurir Lokal pengiriman barang.

Ketentuan Umum Kurir Aios

  1. Segala bentuk peraturan terkait dengan syarat dan ketentuan pengiriman barang dalam layanan Kurir Aios sepenuhnya ditentukan oleh pihak jasa Kurir Nasional dan Kurir Lokal. Dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak jasa Kurir pengiriman barang.
  2. Pengguna layanan Kurir Aios wajib membaca, memahami, serta mengikuti syarat dan ketentuan pengiriman barang yang ditentukan oleh pihak jasa Kurir pengiriman barang.
  3. Pengguna layanan Kurir Aios bertanggung jawab penuh atas barang yang dikirimnya. Segala bentuk risiko dan kerugian yang timbul akibat kerusakan, kehilangan, kecacatan atau kekurangan jumlah pada barang selama proses pengiriman barang berlangsung ataupun pada saat proses pengiriman barang telah selesai, sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari pihak jasa Kurir.

Ambil Sendiri

  1. Layanan “Ambil Sendiri” adalah layanan di mana Pembeli dapat mengambil barang secara langsung ke lokasi Pelapak (Penjual) dengan batasan jarak tertentu.
  2. Pengguna dapat memilih mempergunakan layanan ‘Ambil Sendiri’ (Pickup Service) untuk pembelian barang di dalam Platform Aios dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Layanan pengiriman Ambil Sendiri tidak berlaku untuk transaksi yang menggunakan metode Kurir Aios.
  • Alamat utama yang digunakan Pelapak (Penjual) akan dijadikan sebagai alamat lapak. Alamat lapak adalah lokasi untuk Pembeli mengambil barang.
  • Pelapak (Penjual) harus mengaktifkan notifikasi fitur “Chat” sehingga memudahkan berkomunikasi langsung dengan Pembeli, terutama ketika Pembeli sedang mengambil barang pesanannya.
  • Pelapak (Penjual) harus membuat kesepakatan waktu ambil barang dengan Pembeli ketika barang telah siap diambil oleh Pembeli.
  • Ketika Pelapak (Penjual) bertemu dengan Pembeli, Pelapak (Penjual) perlu mengetahui: nomor transaksi, nama Pembeli, barang yang dipesan, dan kode unik dari Pembeli sebelum menyerahkan pesanan.
  • Kode unik akan digunakan untuk validasi dan konfirmasi bahwa barang telah diterima oleh Pembeli.
  • Jika dalam 3x24 jam sejak Pelapak melakukan konfirmasi pengambilan barang, barang tidak diambil oleh Pembeli, maka transaksi secara otomatis akan dibatalkan, dan uang akan dikembalikan ke Saldo Aios Pembeli.
  • Jika Pembeli tidak melakukan konfirmasi terima barang setelah 2x24 jam barang diterima, maka transaksi dianggap selesai dan Pelapak (Penjual) menerima uang hasil penjualan serta feedback positif secara otomatis.

Metode Pengiriman Barang

  1. Pengiriman barang untuk setiap transaksi yang terjadi melalui Platform Aios menggunakan layanan pengiriman barang yang disediakan Aios atas kerjasama Aios dengan pihak jasa Kurir Nasional dan Kurir Lokal yang terdaftar.
  2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala bentuk peraturan terkait dengan syarat dan ketentuan pengiriman barang sepenuhnya ditentukan oleh pihak jasa Kurir pengiriman barang dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak jasa Kurir pengiriman barang. Aios hanya berperan sebagai media perantara antara Pengguna dengan pihak jasa Kurir pengiriman barang.
  3. Pengguna wajib memahami, menyetujui, serta mengikuti ketentuan-ketentuan pengiriman barang yang telah dibuat oleh pihak jasa Kurir pengiriman barang.
  4. Pengiriman barang atas transaksi melalui sistem Aios menggunakan jasa Kurir pengiriman barang dilakukan dengan tujuan agar barang dapat dipantau melalui sistem Aios.
  5. Pelapak (Penjual) wajib bertanggung jawab penuh atas barang yang dikirimnya.
  6. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala bentuk kerugian yang dapat timbul akibat kerusakan ataupun kehilangan pada barang, baik pada saat pengiriman barang tengah berlangsung maupun pada saat pengiriman barang telah selesai, adalah sepenuhnya tanggung jawab pihak jasa Kurir pengiriman barang.
  7. Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian barang, maka Pengguna, baik Pelapak (Penjual) maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing Pembeli maupun Pelapak (Penjual). Aios tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apa pun.
 

Pengguna, Akun, Keamanan, dan Password

Persyaratan wajib bagi Pengguna untuk mengakses layanan di Platform Aios, antara lain:
  1. Pengguna wajib berusia minimal 18 tahun (kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia). Pengguna yang belum genap berusia 18 tahun wajib memperoleh persetujuan dari orang tua atau wali untuk menggunakan dan/atau mengakses layanan di Platform Aios dan bertanggung jawab atas segala biaya yang timbul terkait penggunaan layanan di Platform Aios.
  2. Pengguna wajib membaca, memahami serta mengikuti semua ketentuan yang diatur dalam Aturan Penggunaan ini. Pengguna yang memiliki akun di Platform Aios, wajib mengisi data pribadi secara lengkap sesuai dengan identitas pribadinya di halaman profil Aios.
  3. Pengguna wajib menyampaikan informasi yang benar, jelas, jujur, tepat, lengkap dan terbaru dari diri Pengguna dalam rangka penggunaan Platform Aios dari waktu ke waktu.
  4. Pengguna wajib untuk memberikan informasi yang benar, jujur, akurat, dan sah terkait pengaturan alamat dan titik lokasi Pengguna. Aios berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini seperti peringatan secara tertulis dan sanksi berupa pembekuan akun sementara dan ganti rugi akibat selisih dari biaya kirim.
  5. Pengguna wajib memahami bahwa detail informasi akun milik Pengguna adalah rahasia, dan karenanya Pengguna tidak akan mengungkapkan detail informasi akun Pengguna kepada Pihak Ketiga mana pun, termasuk password rahasia berupa kode otentikasi yang dikirimkan melalui SMS atau whatsapp ke nomor telepon terdaftar Pengguna setiap kali ada percobaan log-in ke Akun Pengguna.
  6. Aios atau petugas Aios tidak akan menanyakan password Pengguna (kecuali pada halaman di Platform Aios Pengguna ketika Pengguna masuk ke Akun Aios milik Pengguna melalui Platform Aios pada device Pengguna).
  7. Pengguna setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi Akun Pengguna kepada Pihak Ketiga mana pun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.
  8. Pengguna, Akun, Keamanan, dan Password tersebut bersifat rahasia dan tidak untuk diinformasikan ke pihak lain termasuk pihak yang mengatasnamakan Aios.
  9. Pengguna dilarang menggunakan robot, spider, proses atau sarana untuk mengakses layanan untuk tujuan apapun, atau perangkat otomatis lainnya, termasuk namun tidak terbatas untuk memantau atau menyalin setiap bahan yang ada pada layanan di Platform Aios.
  10. Pengguna dilarang mencantumkan alamat, nomor kontak, alamat email, Platform, forum, dan username media sosial di foto profil, header lapak, foto produk, nama akun (username), nama lapak, dan deskripsi lapak. Aios dapat sewaktu-waktu melakukan tindakan terhadap pelanggaran tersebut tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  11. Pengguna bertanggung jawab dan wajib menjaga keamanan dari akun termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan email dan password milik Pengguna.
  12. Demi keamanan dan kenyamanan para Pengguna, setiap transaksi jual-beli di Aios diwajibkan untuk menggunakan Aios Payment System. Untuk informasi mengenai penggunaan Aios Payment System dapat dipelajari di Panduan Aios.
  13. Dalam hal Pengguna melakukan pelaporan dan/atau aduan atas layanan di Platform Aios dan/atau Aturan Penggunaan, maka setiap laporan dan/atau aduan tersebut wajib disampaikan dengan itikad baik dan dengan tujuan menyelesaikan masalah.
  14. Pengguna dilarang menggunakan Platform Aios untuk melanggar peraturan yang ditetapkan oleh hukum di Indonesia maupun di negara lainnya.
  15. Selama menggunakan dan/atau mengakses Platform Aios, Pengguna dilarang keras mengunggah dan/atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apa pun yang mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan), menyesatkan, memfitnah, atau mencemarkan nama baik, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, mengganggu ketertiban umum, meresahkan masyarakat, mengganggu ketertiban umum, mevulgar, bersifat ancaman, kata-kata kasar atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial dan bertentangan dengan yang ditetapkan oleh kementerian atau lembaga atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Aios dalam hal ini berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  16. Pengguna wajib bertanggung jawab atas segala risiko yang timbul di kemudian hari atas informasi yang diberikannya kepada Aios, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan Hak Kekayaan Intelektual yaitu hak cipta, merek, paten, rahasia dagang, desain industri, dan desain tata letak sirkuit terpadu atas suatu produk.
  17. Pengguna wajib menghargai hak-hak Pengguna lainnya dengan tidak memberikan informasi pribadi ke pihak lain tanpa izin pihak yang bersangkutan.
  18. Pengguna dilarang memanipulasi harga barang yang dicantumkan di Platform Aios dengan tujuan apa pun termasuk namun tidak terbatas untuk mengelabui Pembeli.
  19. Pengguna dilarang mengirimkan pesan spam dalam bentuk apa pun dengan merujuk pada fitur/layanan apa pun di Platform Aios untuk tujuan apa pun.
  20. Aios berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna untuk memblokir penggunaan sistem jika Pengguna melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Indonesia.
  21. Pengguna dilarang menggunakan logo Aios pada foto profil Pengguna (avatar).
  22. Pengguna dilarang mendistribusikan virus atau teknologi lainnya yang dapat membahayakan Aios, kepentingan dan/atau properti dari Pengguna Aios, maupun instansi Pemerintahan.
  23. Pengguna dilarang menggunakan Platform Aios untuk tujuan komersial dan melakukan transfer/menjual akun Pengguna ke Pengguna lain atau ke pihak lain dengan tujuan apapun.
  24. Pengguna dilarang membuat akun Aios dalam jumlah banyak dengan tujuan menghindari batasan pembelian, penyalahgunaan promosi, konsekuensi Aturan Penggunaan, dan/atau tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
  25. Pengguna dilarang menggunakan fitur “Kirim Pesan” atau “Chat” sebagai iklan promosi barang dagangan di Aios.
  26. Pengguna juga dilarang menggunakan fitur “Kirim Pesan” atau “Chat” sebagai iklan promosi barang dagangan dari Platform selain Aios.
  27. Pelapak (Penjual) dilarang menghubungi pembeli melalui media lain selain daripada fitur “Chat” / “Kirim Pesan” yang disediakan oleh Aios guna memastikan keamanan dan kenyamanan Pengguna Aios.
  28. Pengguna dilarang keras mempergunakan layanan fitur “Chat” / “Kirim Pesan” sebagai media untuk menyampaikan kata-kata, komentar, gambar, atau konten lain mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan), menyesatkan, memfitnah, atau mencemarkan nama baik, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan serta meresahkan orang lain, mengganggu ketertiban umum, meresahkan masyarakat, mengganggu ketertiban umum, vulgar, bersifat ancaman, kata-kata kasar atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial dan bertentangan dengan yang ditetapkan oleh kementerian atau lembaga atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Aios dalam hal ini berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, pemblokiran akun, dan lain-lain.
  29. Pengguna dilarang menggunakan fitur Kirim Pesan atau Chat sebagai sarana penelitian, kuesioner, atau survei.
  30. Pengguna dilarang menggunakan fitur “Kirim Pesan” atau “Chat” termasuk namun tidak terbatas sebagai sarana asusila, penipuan, dan atau kejahatan lainnya.
  31. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Aios jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  32. Pengguna dianggap telah mengetahui seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia dalam setiap transaksi di Aios, dan tidak akan melakukan tindakan apa pun yang melanggar peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.
  33. Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran terkait Aturan Penggunaan oleh Pengguna, Aios berhak melakukan tindakan yang dianggap perlu demi menjaga keamanan dan kenyamanan Pengguna lain dan Platform Aios.
  34. Pengguna wajib bertanggung jawab penuh atas seluruh Konten yang Pengguna unggah, kirim melalui email, kirimkan dan/atau sediakan melalui Platform Aios.

Aios tidak memungut biaya pendaftaran akun Aios kepada Pengguna.

  1. Pengguna yang telah mendaftar akun Aios berhak bertindak sebagai Pembeli dan Pelapak (Penjual) dengan membuka lapak di Platform Aios.
  2. Pengguna dengan dengan ini menyatakan bahwa Aios tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode otentikasi, password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
  3. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Aios tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul akibat dari Pengguna yang tidak mengaktifkan fitur/layanan keamanan otentikasi.
  4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan kode otentikasi, maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna dengan nominal yang ditentukan masing-masing penyedia jasa telekomunikasi ditambah biaya perpajakannya.
  5. Aios atas kebijakannya sendiri dapat melakukan penahanan atau pembekuan Saldo Aios untuk melakukan perlindungan terhadap segala risiko dan kerugian yang timbul, jika Aios menyimpulkan bahwa tindakan Pengguna, baik Pelapak maupun Pembeli terindikasi melakukan kecurangan-kecurangan atau penyalahgunaan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan Aios dan jika akun Pengguna diduga atau terindikasi telah diakses oleh pihak lain.
  6. Demi keamanan Pengguna, Aios menyarankan agar Pengguna mengubah password dari waktu ke waktu secara berkala untuk menjaga kerahasiaan akun Aios milik Pengguna.
  7. Pengguna menjamin bahwa identitas/data pribadi yang Pengguna daftarkan dalam pembuatan akun Aios merupakan identitas/data pribadi milik Pengguna sendiri bukan milik pihak manapun.
  8. Pengguna akan senantiasa bekerja sama dengan Aios untuk menyelidiki dan menentukan apakah telah terjadi pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan ini dengan memberikan Aios (beserta pihak yang ditunjuk dan auditor independen) hak akses atas data pribadi dan/atau perangkat Pengguna yang digunakan Pengguna untuk membuka/mengakses Platform Aios. Dalam hal ini, Pengguna memberikan wewenang kepada Aios untuk bekerja sama dengan pihak berwenang (termasuk namun tidak terbatas pada pihak kepolisian, instansi pemerintah, penyedia jasa telekomunikasi, penyedia jasa jaringan internet, penyedia jasa data center, dan lain-lain) tanpa persetujuan terlebih dahulu kepada Pengguna.
  9. Pengguna menjamin tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat mempengaruhi/menurunkan/mengganggu layanan, perangkat lunak, perangkat keras, sistem, jaringan yang digunakan Pengguna lain untuk mengakses Platform Aios.
  10. Pengguna menjamin tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat mengganggu dan/atau berdampak buruk pada Aios, jaringan internet, infrastruktur atau produk Aios, serta menimbulkan efek merugikan bagi keberlangsungan kegiatan usaha Aios.
  11. Pengguna dilarang menggunakan layanan Aios untuk menyamar/memalsukan dirinya sebagai seseorang/pihak lain secara melawan hukum untuk menyesatkan dan/atau menipu orang lain secara sengaja maupun tidak sengaja.
  12. Pengguna dilarang menggunakan Platform Aios dengan tujuan mengumpulkan data pribadi Pengguna dengan tujuan melanggar Kebijakan Privasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  13. Pelapak dilarang menjual barang yang ditujukan bagi anak-anak di bawah umur yang mengandung sifat politis atau memiliki hubungan dengan kegiatan politik sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Perlindungan Anak bahwa anak berhak untuk memperoleh perlindungan dari penyalahgunaan dalam kegiatan politik.
  14. Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Aios. Untuk informasi Panduan Keamanan silakan klik di sini.
 

Lapak

  1. Pelapak (Penjual) dilarang mempergunakan lapak (termasuk namun tidak terbatas pada halaman deskripsi dan informasi barang) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi untuk Platform lain di luar Platform Aios.
  2. Pelapak (Penjual) wajib menyampaikan informasi yang benar, jelas, dan jujur terhadap Barang yang diperjualbelikan di Platform Aios :
  • Harga Barang
  • Kualitas
  • Aksesibilitas
  • Kondisi fisik barang
  • Iklan
  • Jaminan
  • Kelayakan konsumsi Barang
  1. Informasi yang wajib disampaikan oleh Pelapak (Penjual) sesuai dengan poin 2 di atas meliputi namun tidak terbatas pada :
  • Spesifikasi kondisi dan informasi terkait Barang
  • Harga barang yang ditawarkan
  • Persyaratan dalam kesepakatan jual -beli termasuk namun tidak terbatas pada seperti cara klaim dan retur produk namun tidak melanggar ketentuan Aios, klaim dan retur selama tidak melanggar:
    • ketentuan Retur Aios.
    • Risiko dan kondisi yang tidak diharapkan
    • Pembatasan pertanggungjawaban apabila terjadi risiko yang tidak diharapkan.
  1. Pelapak (Penjual) dilarang memberikan keterangan (informasi lapak dan/atau Barang) selain/di luar daripada keterangan lapak dan/atau Barang yang bersangkutan.
  2. Penamaan Barang dan informasi produk harus sesuai dengan kondisi Barang yang ditampilkan dan Pelapak (Penjual) tidak diperkenankan mencantumkan nama dan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi Barang.
  3. Pelapak (Penjual) wajib menjamin legalitas Barang yang diperjualbelikan di Platform Aios.
  4. Pelapak (penjual) berkewajiban untuk memiliki sertifikat halal atas semua produk yang diperdagangkan di platform Aios sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Pelapak (penjual) dilarang menjual produk non halal.
  5. Pelapak (Penjual) tidak diperkenankan memperdagangkan Barang non-fisik, kecuali telah bekerja sama resmi dengan Aios.
  6. Aios memiliki kewenangan untuk mengubah nama dan/atau memakai nama lapak dan/atau domain Pelapak untuk kepentingan internal Aios.
  7. Pelapak (Penjual) wajib memisahkan tiap-tiap Barang yang memiliki ukuran dan harga yang berbeda.
  8. Penamaan Barang harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi, dan kondisi Barang, dengan demikian Pelapak (Penjual) tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama dan/atau kata yang tidak berkaitan dengan Barang tersebut.
  9. Pelapak (Penjual) dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pembeli atau calon Pembeli.
  10. Pelapak menyatakan dan menjamin bahwa barang yang dijualnya (baik dalam kondisi baru maupun bekas) mempunyai hak dan/atau alas dasar yang dibutuhkan untuk menjual barang tersebut.
  11. Aios memiliki kewenangan mengambil alih sub-domain lapak Pelapak (Penjual) jika pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan sub-domain Pelapak (Penjual) melakukan klaim terhadapnya dikarenakan mereka ingin menggunakan sub-domain tersebut.
  12. Aios berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pelapak, untuk melakukan blokir/penghapusan barang Pelapak yang melakukan penjualan dan/atau pengiklanan barang rokok dan turunannya pada Platform Aios yang berbentuk Aplikasi, sesuai dengan kebijakan Platform Distribusi Aplikasi, baik App Store maupun Google Play.
  13. Pelapak dilarang memasang iklan di Google Ads atau mesin pencarian lain (search engine) dengan membidik atau menggunakan kata kunci (keyword) terkait Aios, seperti namun tidak terbatas pada “Aios”, “Aios Indonesia”, dan sejenisnya tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Aios. Aios berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini seperti peringatan secara tertulis dan sanksi berupa pembekuan akun sementara.
  14. Standar kualitas pelayanan Pelapak (Penjual) wajib memenuhi Aturan Penggunaan Aios, Kebijakan Privasi Aios, dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  15. Pelapak (Penjual) wajib melindungi hak-hak konsumen sesuai dengan ketentuan perundang-undangan di bidang perlindungan Konsumen.

Transaksi Penjualan

  1. Pelapak wajib mematuhi setiap ketentuan dalam Aturan Penggunaan Aios dalam melakukan penawaran/penjualan Barang di platform Aios.
  2. Pelapak wajib menempatkan barang dagangan sesuai dengan kategori dan sub-kategorinya.
  3. Pelapak wajib mengisi nama atau judul barang secara jelas dan lengkap.
  4. Pelapak wajib mengisi harga yang sesuai dengan harga yang sebenarnya.
  5. Pelapak wajib menampilkan gambar yang sesuai dengan deskripsi barang yang dijual dan tidak mencantumkan logo ataupun alamat Platform lain pada gambar. Dianjurkan foto atau gambar memperlihatkan 3 bagian (depan, samping, dan belakang) dengan resolusi minimal 300px.
  6. Pelapak wajib memperbarui (update) termasuk namun tidak terbatas pada jumlah, deskripsi, dan status barang serta pilihan metode pengiriman secara rutin.
  7. Pelapak wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan Barang pihak Pembeli dalam batas waktu 2 hari terhitung sejak adanya notifikasi Barang dari Aios. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Pelapak, maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.
  8. Pelapak wajib mengisi kolom Deskripsi Barang sesuai dengan kondisi barang dan tidak menyalahi Aturan Penggunaan Aios.
  9. Pelapak wajib mengirimkan barang menggunakan jasa Kurir sesuai dengan yang dipilih oleh Pembeli pada saat melakukan transaksi di dalam sistem Aios. Apabila Pelapak menggunakan jasa Kurir yang berbeda dengan jasa dan/atau jenis jasa ekspedisi yang dipilih oleh Pembeli pada saat melakukan transaksi di dalam sistem Aios, maka Pelapak bertanggung jawab atas segala hal selama proses pengiriman yang disebabkan oleh penggunaan jasa dan/atau jenis jasa Kurir yang berbeda tersebut.
  10. Pelapak memahami dan menyetujui bahwa kekurangan dana biaya kirim yang disebabkan oleh penggunaan jasa dan/atau jenis jasa yang berbeda dari pilihan Pembeli pada saat melakukan transaksi di dalam sistem Aios merupakan tanggung jawab Pelapak, terkecuali perbedaan tersebut atas permintaan Pembeli.
  11. Pelapak wajib memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak jasa Kurir berkaitan dengan packing barang yang aman serta menggunakan asuransi dan/atau packing kayu pada barang-barang tertentu, sehingga apabila barang rusak atau hilang, Pelapak dapat mengajukan klaim ke pihak jasa Kurir.
  12. Jika Pelapak tidak menentukan waktu kirim barang pada setiap produknya, maka Pelapak wajib mengirimkan barang dalam waktu 2x24 jam hari kerja (untuk biaya pengiriman reguler) atau 2x24 jam (untuk biaya pengiriman kilat) setelah status transaksi “Dibayar”. Untuk informasi Atur Waktu Kirim, kunjungi halaman Cara Atur Waktu Kirim (Input Resi). Pelapak dianggap telah menolak pesanan jika Pelapak tidak dapat mengirimkan barang dalam batas waktu yang telah ditentukan pada poin ini. Pelapak melakukan tolak pesanan secara langsung, dan/atau mengabaikan transaksi, sehingga sistem secara otomatis memberikan feedback negatif dan reputasi tolak pesanan, serta mengembalikan seluruh dana (refund) ke Pembeli.
  13. Pelapak wajib mengetahui dan mematuhi segala persyaratan dan aturan yang ditetapkan oleh perusahaan jasa pengiriman dan Kurir Lokal, serta bertanggung jawab atas setiap barang yang dikirim.
  14. Pelapak wajib mendaftarkan nomor resi pengiriman yang benar dan asli setelah status transaksi “Dibayar”. Satu nomor resi hanya berlaku untuk satu nomor transaksi di Aios.
  15. Sistem Aios secara otomatis mengecek status pengiriman barang melalui nomor resi yang diberikan Pelapak. Apabila nomor resi terdeteksi tidak valid dan Pelapak tidak melakukan ubah resi valid dalam 1x24 jam, maka seluruh dana akan dikembalikan ke Pembeli. Jika Pelapak memasukkan nomor resi tidak valid lebih dari satu kali, maka Aios akan mengembalikan seluruh dana transaksi kepada Pembeli dan Pelapak mendapatkan feedback negatif. Sistem secara otomatis memberikan feedback (tanggapan) positif dan mentransfer dana pembayaran ke Saldo Aios Pelapak jika status resi menunjukkan ‘Barang Diterima’ dan Pembeli telah melewati batas waktu untuk konfirmasi. Pelapak wajib mengirimkan kembali barang yang sesuai dengan permintaan Pembeli saat terjadi kesepakatan retur yang berujung penggantian barang.
  16. Aios tidak bertanggung jawab terhadap barang retur di kantor Aios, apabila Pelapak tidak melakukan pengaduan kepemilikan barang dalam waktu 30 hari sejak barang diterima di kantor Aios.
  17. Pelapak mendapatkan sanksi berupa pembekuan akun jika performa lapak dianggap di bawah standar Aios.

Pelapak dilarang memanipulasi harga Barang dengan tujuan apapun

  1. Pelapak dilarang keras melakukan penawaran/penjualan Barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Aturan Penggunaan Aios dan peraturan perundang-undangan di Indonesia, baik secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi (tidak dinyatakan secara jelas/tersirat) di Platform Aios.
  2. Pelapak dilarang mencantumkan nama Platform lain pada gambar ataupun deskripsi barang yang diunggahnya, termasuk namun tidak terbatas pada tulisan, alamat situs, logo, gambar, dan lain-lain dari Platform lain tersebut.
  3. Pelapak dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran barang), (iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) barang tidak bergaransi, (v) pengalihan tanggung jawab (termasuk namun tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim), (vi) penyusutan nilai harga dan (vii) pengiriman barang acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara catatan lapak dan/atau deskripsi produk dengan Aturan Penggunaan Aios, maka peraturan yang berlaku adalah Aturan Penggunaan Aios.
  4. Pengguna setuju bahwa Aios memiliki kewenangan untuk menahan pembayaran dana di rekening resmi Aios sampai waktu yang tidak ditentukan, apabila terdapat permasalahan dan klaim dari pihak Pembeli terkait proses pengiriman dan kualitas Barang. Pembayaran tersebut akan dikirimkan ke Saldo Aios Pelapak apabila permasalahan tersebut telah selesai dan/atau Barang telah diterima oleh Pembeli.
  5. Pelapak dilarang menggunakan gambar atau foto barang dengan watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
  6. Pelapak dilarang mengunggah barang yang serupa pada satu akun miliknya.
  7. Pelapak dilarang membuat akun Aios dalam jumlah banyak dengan tujuan menghindari batasan pembelian, penyalahgunaan promosi, konsekuensi Aturan Penggunaan, dan/atau tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
  8. Pelapak dilarang melakukan duplikasi penjualan barang dengan menyalin atau menggunakan gambar dari lapak Pelapak lain.
  9. Pelapak dilarang memberikan informasi kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung dengan Pembeli/calon Pembeli di luar dari Platform Aios.
  10. Catatan Pelapak diperuntukkan bagi Pelapak yang ingin memberikan catatan tambahan yang tidak terkait dengan deskripsi barang kepada calon Pembeli. Catatan Pelapak tetap tunduk terhadap Aturan Penggunaan Aios.
  11. Pelapak dilarang membuat transaksi fiktif atau palsu demi kepentingan menaikkan feedback. Aios berhak mengambil tindakan seperti pemblokiran akun atau tindakan lainnya apabila ditemukan tindakan dan/atau dugaan kecurangan.
  12. Pelapak dilarang memanfaatkan Platform Aios untuk melakukan aktifitas penarikan tunai/gesek (cash withdrawal). Pelapak yang melakukan kegiatan promosi dan marketing terkait rokok dan produk turunannya baik vape, rokok elektronik, dan lain-lain diharuskan mengikuti ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan ketentuan platform distribusi aplikasi.
  13. Pelapak memahami dan menyetujui bahwa Aios berhak melakukan peninjauan terhadap lapak Pelapak apabila Pelapak melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak merespon pesanan Barang milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Aturan Penggunaan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.
  14. Aios berwenang untuk membatalkan transaksi dan/atau menahan dana transaksi dalam hal: (i) nomor resi kurir pengiriman Barang yang diberikan oleh Pelapak tidak sesuai dan/atau diduga tidak sesuai dengan transaksi yang terjadi di Situs Aios; (ii) Penjual mengirimkan Barang melalui jasa kurir/logistik, selain dari yang disediakan dan terhubung dengan Situs Aios; (iii) jika nama produk dan deskripsi produk tidak sesuai/tidak jelas dengan produk yang dikirim; (iv) jika ditemukan adanya manipulasi transaksi; dan/atau (v) mencantumkan nomor resi pengiriman Barang yang telah digunakan oleh Pelapak lainnya.
  15. Pelapak memahami dan menyetujui bahwa keterlambatan proses pembayaran serta biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan Bank yang Pelapak gunakan dengan Bank Rekening resmi Aios merupakan tanggung jawab Pelapak secara pribadi.
 

Transaksi Pembelian

  1. Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Aios.
  2. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian Aios akan meneruskan dana ke pihak Penjual/Pelapak apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem Aios telah selesai.
  3. Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:
  • Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, mengerti dan menyetujui informasi serta deskripsi dari keseluruhan produk (termasuk namun tidak terbatas pada warna, bahan, kualitas, tekstur, fungsi, dan lain sebagainya), sebelum berkomitmen melakukan pembelian produk tersebut.
  • Pembeli mengakui bahwa warna yang sebenarnya dari produk yang ada di Aios dipengaruhi dan tergantung dari layar maupun monitor masing-masing. Aios telah berupaya dengan sebaik mungkin untuk menampilkan warna yang paling akurat seperti warna aslinya, namun tidak akan menjamin warna yang ditampilkan akan sama dan akurat seperti yang ditampilkan di Aios.
  1. Pengguna masuk ke dalam Perjanjian yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.
  2. Aios tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual/Pelapak ke Pembeli.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui tentang ketersediaan barang yang merupakan tanggung jawab dari pihak Pelapak. Jika stok produk kosong, maka Pelapak akan menolak order, dan pembayaran pembelian akan dikembalikan kepada pihak Pembeli.
  4. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan di luar transaksi resmi Aios dan/atau tanpa sepengetahuan Aios (melalui jaringan pribadi, pengiriman pesan, pembelian di luar Aios, dan/atau pembelian di luar tagihan yang ditagihkan Aios) merupakan tanggung jawab pribadi Pembeli, dan bukan tanggung jawab dari pihak Aios.
  5. Pembeli memahami dan menyetujui untuk tidak menyerahkan/memberitahukan bukti transaksi yang dilakukan di Aios pada pihak lain selain pihak Aios melalui saluran komunikasi resmi Aios. Dalam hal tersebut, jika terjadi kerugian yang diakibatkan oleh penyerahan atau pemberitahuan bukti transaksi pada pihak lain tersebut, maka hal tersebut merupakan tanggung jawab masing-masing Pembeli.
  6. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa segala klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan barang bukan menjadi tanggung jawab pihak Aios. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan barang adalah tanggung jawab masing-masing Pembeli.
  7. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa keterlambatan proses pembayaran serta biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli gunakan dengan bank Rekening resmi Aios merupakan tanggung jawab pembeli secara pribadi.
  8. Pembeli berhak atas kelebihan dana dari biaya kirim yang diakibatkan perbedaan penggunaan jasa dan/atau jenis jasa ekspedisi oleh Pelapak dari pilihan Pembeli pada saat melakukan transaksi di dalam sistem Aios.
  9. Pengguna dengan ini sepakat dan menyetujui bahwa Aios dengan menggunakan pertimbangannya dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya tambahan atas transaksi di Platform Aios.
  10. Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran terhadap Kebijakan Jual Barang oleh Pembeli, Aios berhak untuk melakukan tindakan yang dianggap perlu terhadap Pembeli demi menjaga keamanan dan kenyamanan Pengguna lain.
  11. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar Pembeli dan Penjual, selain melalui Rekening Resmi Aios dan/atau tanpa sepengetahuan Aios (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus di luar Platform Aios atau upaya lainnya), adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
  12. Pembeli wajib melakukan transfer sesuai dengan nominal total belanja dari transaksi dalam waktu 1x10 jam (dengan asumsi Pembeli telah mempelajari informasi barang yang telah dipesannya). Jika dalam waktu 1x10 jam barang dipesan tetapi Pembeli tidak mentransfer dana, maka transaksi akan dibatalkan secara otomatis.
  13. Setiap transaksi di Aios yang menggunakan metode transfer akan dikenakan biaya operasional dalam bentuk kode unik pembayaran untuk mempermudah proses verifikasi. Setelah dilakukan verifikasi pembayaran, secara otomatis kode pembayaran akan dikembalikan ke saldo Aios Pembeli, kecuali transaksi virtual product. Aios tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh Pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
  14. Apabila terjadi proses pengembalian kepada pembelian, maka pengembalian dana transaksi dilakukan dengan menambahkan saldo Aios Pembeli.
  15. Sistem Aios secara otomatis mengecek status pengiriman barang melalui nomor resi yang diberikan Pelapak. Apabila nomor resi terdeteksi tidak valid dan Pelapak tidak melakukan ubah resi valid dalam 1x24 jam, maka seluruh dana akan dikembalikan ke Pembeli.
  16. Jika Pembeli tidak memberikan konfirmasi penerimaan barang dalam waktu 2x24 jam sejak status resi pengiriman dinyatakan telah diterima/delivered oleh sistem tracking jasa pengiriman, Aios akan mentransfer dana langsung ke Saldo Aios Pelapak tanpa memberikan konfirmasi ke Pembeli.
  17. Pembeli dapat memperbarui feedback maksimal 3x24 jam setelah transaksi dinyatakan selesai oleh sistem Aios.
  18. Pembeli diharapkan melakukan dokumentasi pembukaan paket saat menerima paket yang dikirimkan Pelapak.
  19. Retur (Pengembalian Barang) hanya diperbolehkan jika kesalahan dilakukan oleh Pelapak dan barang tidak sesuai deskripsi.
  20. Retur tidak dapat dilakukan setelah transaksi selesai menurut sistem General Tracking Aios atau Pembeli telah melakukan konfirmasi barang diterima dan tidak memilih retur.
  21. Langkah-langkah dalam melakukan pengembalian barang dapat dibaca pada halaman Pengembalian Pesanan (Retur).
  22. Aios akan menahan dana hingga ada kesepakatan antara Pembeli dan Pelapak: apakah Pembeli akan mengembalikan barang ke Pelapak atau tidak.
  23. Pembeli wajib mengirimkan barang ke Pelapak dan menginformasikan nomor resi ke Aios, jika ada kesepakatan retur dengan Pelapak.
  24. Aios hanya memantau retur sampai barang diterima kembali oleh Pelapak.
  25. Aios mengatur tentang pembelian barang khusus dewasa, mengikuti peraturan perundang-undangan Republik Indonesia. Barang khusus dewasa adalah barang yang hanya boleh dibeli oleh orang yang cukup umur sesuai dengan peraturan yang berlaku. Barang-barang yang tergolong khusus dewasa, antara lain:
  • Rokok, cerutu, tembakau, serta produk turunannya
  • Shisha, termasuk aksesoris, beserta cairannya
  • Segala produk yang dianggap khusus untuk dewasa dan tidak dilarang diperjualbelikan pada platform Aios (Harap baca produk dilarang jual beli Aios)
  • Dan lain-lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
  1. Aios berhak melakukan refund dana ke Pembeli jika barang retur telah sampai di kantor Aios dan berdasarkan pengecekan sesuai dengan yang dikeluhkan Pembeli.
  2. Aios atas kebijakannya sendiri dapat melakukan penahanan atau pembekuan BukaDompet untuk melakukan perlindungan terhadap segala risiko dan kerugian yang timbul, jika Aios menyimpulkan bahwa tindakan Pengguna, baik Pelapak maupun Pembeli terindikasi melakukan kecurangan-kecurangan atau penyalahgunaan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan Aios dan jika akun Pengguna diduga atau terindikasi telah diakses oleh pihak lain.
 

Promosi

Aios dapat mengadakan promosi sewaktu-waktu dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh pihak Aios. Syarat dan ketentuan yang dibuat mungkin akan berbeda-beda pada setiap kegiatan promosi. Pengguna wajib untuk membaca dan memahami secara saksama syarat dan ketentuan setiap kegiatan promosi tersebut dari waktu ke waktu. Pengguna akan mendapatkan berbagai informasi promo terbaru dan penawaran eksklusif. Namun Pengguna dapat berhenti berlangganan (unsubscribe) jika tidak ingin menerima informasi tersebut. Setiap Pengguna hanya diperbolehkan menggunakan 1 (satu) akun untuk setiap kegiatan promosi. Jika ditemukan adanya Pengguna yang membuat lebih dari 1 (satu) akun untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan promosi tersebut, Aios dapat melakukan tindakan yang dianggap perlu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna tersebut. Tindakan tersebut dapat berupa pembatalan transaksi, pembatalan voucher, pemblokiran akun Pengguna, atau tindakan hukum apabila ditemukan tindak kecurangan dari Pengguna. Aios berhak melakukan pembatalan transaksi berkaitan dengan promosi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu demi kenyamanan Pengguna lain dan keamanan. Aios berhak mengubah syarat dan ketentuan setiap kegiatan promosi yang diadakan oleh pihak Aios dari waktu ke waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna.

 

Barang Terlarang

Barang terlarang adalah barang yang dilarang diperjualbelikan di Platform Aios berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia , kebijakan internal Aios, dan/atau Kebijakan Platform Distribusi Aplikasi. Barang tersebut adalah barang dan/atau jasa yang tergolong berbahaya, melanggar hukum, mengancam, melecehkan, menghina, memfitnah, mengintimidasi, menginvasi privasi orang lain atau hak-hak lainnya yang melanggar hukum dengan cara apapun. Berdasarkan hal-hal tersebut, barang-barang yang dilarang untuk diperjualbelikan di Platform Aios, antara lain:
  1. Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap Aios;
  2. Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan. Termasuk dalam ketentuan ini adalah Narkotika, obat keras, obat bius dan sejenisnya, serta obat-obatan yang tidak terdaftar di dinas kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (selanjutnya disebut “BPOM”), serta obat berlogo “K” (resep dokter);
  3. Makanan, minuman dan kosmetik yang membahayakan keselamatan penggunanya, ataupun yang tidak mempunyai izin edar dari BPOM;
  4. Senjata api, kelengkapan senjata api, replika senjata api, airsoft gun, air gun, dan peluru atau sejenis peluru, senjata tajam, serta jenis senjata lainnya;
  5. Barang yang berhubungan dengan namun tidak terbatas pada kepolisian, tentara ataupun instansi aparat negara lainnya;
  6. Segala bentuk tulisan yang berpengaruh negatif melecehkan pihak/ras tertentu atau yang dapat menyinggung perasaan orang lain;
  7. Barang dewasa penunjang kegiatan seksual termasuk namun tidak terbatas pada obat kuat, obat perangsang, alat bantu seks, pornografi, dan obat-obatan dewasa, alat kesehatan (kontrasepsi);
  8. Barang yang merupakan hasil pelanggaran Hak Cipta, termasuk namun tidak terbatas dalam media berbentuk buku, CD/DVD/VCD, informasi dan/atau dokumen elektronik, software bajakan serta media lain yang bertentangan dengan Undang-Undang Hak Cipta;
  9. Produk telepon genggam/handphone baru yang tidak memiliki atau belum memperoleh izin teknis dari instansi yang berwenang. Pelapak yang menjual produk telepon genggam/handphone baru di Platform Aios wajib memastikan bahwa produk tersebut telah memiliki izin teknis dari instansi terkait sebagai syarat dapat diperjualbelikan di Indonesia. Pelapak yang menjual telepon genggam/handphone baru yang tidak memiliki atau belum memperoleh izin teknis dari instansi yang berwenang di Platform Aios akan dikenakan sanksi yang berupa namun tidak terbatas pada pemblokiran dan/atau penghapusan barang dari Platform Aios;
  10. Jenis Barang/Produk baru tertentu yang wajib memiliki SNI (Standar Nasional Indonesia), Petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia, atau Label dalam Bahasa Indonesia, namun Barang/Produk yang diperjualbelikan tidak mencantumkan syarat-syarat tersebut;
  11. Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung oleh penjual resmi dan/atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing;
  12. Produk nonfisik. Kecuali ada kerja sama resmi dengan Aios. Aios melarang penjualan produk nonfisik yang tidak dapat dikirimkan melalui jasa kurir terdaftar/tidak terdaftar, termasuk namun tidak terbatas pada akun Aios, eBook, akun game, pulsa elektrik maupun pulsa fisik/voucher, voucher kuota internet, voucher game, voucher aplikasi, Steam Wallet, dan lainnya; terkecuali terdapat kerja sama resmi dengan Aios. Pelapak Resmi wajib memberikan informasi yang sejujurnya dalam produk tersebut, antara lain:
  • Tanggal kedaluwarsa semua voucher/tiket yang dijual harus diberi tanggal kedaluwarsa atau “gunakan sebelum” dengan jelas dan benar. Voucher/tiket yang sudah kedaluwarsa tidak boleh diperjualbelikan;
  • Voucher/tiket yang dijual tidak sobek, kotor, atau cacat;
  • Voucher/tiket yang dijual harus sesuai dengan apa yang diterangkan dan tidak membohongi Pembeli atas produk tersebut (mengisi kolom deskripsi barang yang sesuai Aturan Penggunaan).
  1. Barang yang melanggar hak kekayaan intelektual (HAKI) pihak lain;
  2. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala dan/atau terbakar sendiri;
  3. Bagian organ manusia dan/atau perdagangan orang;
  4. Mailing list;
  5. Data dan/atau informasi pribadi;
  6. Dokumen pemerintahan, perjalanan, dan/atau dokumen perbankan;
  7. Cinderamata berbahan hewan yang dilindungi;
  8. Barang terkait perjudian;
  9. Mata uang yang masih berlaku;
  10. Barang curian;
  11. Barang mistis, termasuk benda- benda yang berkekuatan gaib dan/atau memberikan ilmu kesaktian seperti namun tidak terbatas pada jimat, keris, dan lain -lain;
  12. Penjualan benda yang tidak bergerak seperti tanah, rumah, dan sejenisnya;
  13. Segala jenis hewan peliharaan;
  14. Pembuka kunci dan penunjang tindakan perampokan/pencurian;
  15. Jasa, donasi, sewa menyewa, promo event. Kecuali terdapat kerja sama resmi dengan Aios;
  16. Aseton (Pembersih Kuku);
  17. Air Keras ( Asam Sulfat atau H2SO4, Asam Klorida atau HCL, Asam Fosfat H3PO4);
  18. Bahan yang diklasifikasikan sebagai Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku;
  19. Segala jenis Barang yang bertentangan dengan peraturan pengiriman Barang Indonesia;
  20. Segala jenis barang yang dilarang atau bertentangan dengan ketentuan platform distribusi aplikasi;
  21. Segala jenis Barang yang dilarang atau bertentangan dengan peraturan Surat Edaran Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Batasan Dan Tanggung Jawab Penyedia Platform Dan Merchant Electronic Commerce (Safeharbour Policy);
  22. Segala jenis barang yang berdampak pada kerentanan keamanan nasional seperti namun tidak terbatas pada kriptografi, penyadapan, dan anti sadap (monitoring dan surveillance).
 

Pencairan Dana

  1. Pengguna wajib mengisi data rekening bank untuk kepentingan pencairan dana di Aios.
  2. Dana akan ditransfer ke rekening Pengguna dalam waktu 1x24 jam untuk Mandiri, BRI, BTPN atau 2x24 jam untuk rekening tujuan selain keempat bank tersebut.
  3. Pencairan dana hanya dapat dilakukan sebanyak 1x sehari.
  4. Nominal minimum pencairan dana adalah sebesar Rp 50.000.
  5. Pencairan dana selain ke rekening bank Mandiri, BRI, BTPN akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 7.500.
  6. Aios berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan, dan/atau pembatalan terhadap transaksi pencairan dana yang dilakukan oleh Pengguna apabila ditemukan adanya tindakan pelanggaran atas syarat dan ketentuan Aios, kecurangan, manipulasi, penipuan dan/atau kejahatan.
  7. Pemeriksaan, pembekuan, penundaan, dan/atau pembatalan terhadap transaksi pencairan dana Pengguna yang dilakukan oleh Aios, dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan.
  8. Dalam hal Pengguna meninggal dunia, maka Aios akan segera melakukan pencairan ke rekening bank yang terdaftar dan/atau pernah terdaftar di Akun Aios.
 

Data Pengguna

  1. Pengguna dengan ini sepakat dan setuju bahwa Aios dapat mengumpulkan, menggunakan, mengakses, menyimpan, dan/atau memproses data Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi, isi percakapan, dan/atau informasi tentang penggunaan layanan oleh Pengguna di Platform Aios.
  2. Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Aios (termasuk perusahaan terafiliasi dan Partner Resmi yang bekerja sama dengan Aios) berhak menggunakan keseluruhan atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna melalui Platform Aios untuk kepentingan pengembangan dan peningkatan mutu demi keamanan dan kenyamanan Pengguna. Detail mengenai data pengguna tercantum di dalam Kebijakan Privasi Aios.
  3. Aios berhak mengungkapkan data Pengguna untuk proses hukum dan/atau permintaan pihak instansi pemerintah, penegak hukum, dan pihak berwenang resmi lainnya yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  4. Pengguna platform Aios yang bekerjasama dalam jasa Kurir diwajibkan untuk melampirkan data meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku. Serta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) untuk kendaraan yang dikuasai dan atau milik sendiri yang tidak bermasalah termasuk namun tidak terbatas pada pelanggaran hukum, pelanggaran pajak, dan sengketa.
 

Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Sengketa

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan Platform Aios dan/atau Aturan Penggunaan ini akan diselesaikan secara eksklusif melalui BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) yang didirikan pada 30 November 1977 berdasarkan Keputusan Kamar Dagang Indonesia No. SKEP/152/DPH/1977, yang mana peraturan BANI dianggap dimasukkan dalam ketentuan ini.  

Ganti Rugi

Pengguna setuju untuk melepaskan Aios dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Aios (termasuk perusahaan terafiliasi, direktur, komisaris, pejabat, serta seluruh karyawan dan agen) dari segala klaim atau tuntutan, kewajiban, kerugian, dan biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh Pihak Ketiga yang timbul akibat kesalahan Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada pelanggaran Aturan Penggunaan ini, penggunaan Layanan Aios di Platform Aios yang tidak semestinya, pelanggaran terhadap hak Pihak Ketiga, pelanggaran Kebijakan Privasi Aios dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.  

Sanksi

Aios memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu terhadap akun Pengguna, termasuk akun yang diduga dan/atau terindikasi melakukan penyalahgunaan, memanipulasi, dan/atau melanggar Aturan Penggunaan di Aios serta tidak sesuai dengan standar kualitas pelayanan yang disepakati sesuai dengan ketentuan peraturan, mulai dari melakukan moderasi, menghentikan layanan “Jual Barang”, membatasi jumlah pembuatan akun, membatasi atau mengakhiri hak setiap Pengguna untuk menggunakan layanan, maupun menutup akun tersebut tanpa memberikan pemberitahuan atau informasi terlebih dahulu kepada pemilik akun yang bersangkutan.  

Sanksi Umum

  1. Pemblokiran akun;
  2. Pembekuan Saldo Aios; atau